Head
Dikirim : Senin, 18 Maret 2013
Admin Media Kerinci News.com

Dewan Surati KPU Terkait Dapil Kota Sungai Penuh

 
SUNGAIPENUH — Terkait hasil penentuan dapil Kota Sungai Penuh yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sungai Penuh, menuai kontroversi dari kalangan DPRD Kota Sungai Penuh. Dalam penentuan dapil legislatif 2014 mendatang, dewan akan menyurati KPU untuk dikaji ulang.
Anggota DPRD Sungai Penuh, Fajran SP M.Si, mengungkapkan, semua dapil pada prinsipnya sama. Berdasarkan peraturan KPU nomor 15 Tahun 2012 tentang Penetapan Daerah Pemilihan legislatif 2014, salah satu poinnya menyatakan harus sesuai wilayah sosial budaya dan mengacu pada dapil yang telah ada.

“Untuk Kota Sungai Penuh dapil yang sudah ada sewaktu itu masih tergabung dengan Kabupaten Kerinci. Sungai Penuh merupakan Dapil I (Sungai Penuh, Kumun Debai dan Tanah Kampung). Dapil II (Pesisir Bukit, Hamparan Rawang). Bila diamati, dapil yang telah ada itu sesuai dengan wilayah adat dan sosial budaya,” terang Fajran.

Merujuk dari situ, lanjut Fajran, Kota Sungai Penuh yang terdiri dari delapan kecamatan, idealnya Pesisir Bukit,  Koto Baru dan Hamparan Rawang menjadi satu dapil. Begitu pula Pondok Tinggi, Sungai Penuh dan Sungai Bungkal, jadi satu dapil lagi. Sementara Kumun Debai bergabung dengan Tanah Kampung.

“Saya yakin masyarakat sependapat dengan tiga formasi itu. Tujuannya agar tidak terjadi kesenjangan sosial, pembangunan dan lain sebagainya,” ujar Fajran.

Menurut Fajran, kendati KPU telah melakukan konsultasi publik dengan mengundang sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh ulama, KPU menerima masukan dari peserta yang hadir, namun tidak ada usulan satupun yang diterima KPU.

“Semestinya KPU menetapkan dapil berdasarkan usulan DPRD Kota Sungai Penuh. Kami sangat menyayangkan dan telah melayangkan surat ke KPU mengajukan keberatan pada formasi dapil yang ditetapkan itu,” tegas Fajran.

Ketua KPUD Kota Sungai Penuh, Raisul, hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi. SMS yang dikirim belum ada balasan. (infojambi.com/FEO)

Headlines

>

InfoCPNS